Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi , Pulang kampung atau sering pula disebut dengan mudik merupakan hal yang lumrah dilakukan para perantau terutama ketika libur panjang. Meski demikian, istilah mudik biasanya digunakan pada saat menjelang hari raya. Biasanya, mudik dilakukan bersama keluarga dan membawa oleh-oleh untuk saudara dan kerabat di kampung halaman. Bagaimana agar dapat mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi? Simak tips mudik yang honda kota bandung bagikan berikut ini.

Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

 

Periksa Keamanan Kendaraan Anda

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mudik ialah memeriksa kendaraan Anda secara menyeluruh agar Anda dapat berkendara dengan aman dan selamat hingga tujuan. Jika memungkinkan, servis kendaraan Anda sebelum berangkat mudik. Hal ini dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti rem blong yang dapat menyebabkan kecelakaan dan mengancam nyawa.

Tidak Melebihi Kapasitas Penumpang dan Barang Yang Dianjurkan

Penyebab kecelakaan yang sering terjadi ialah kendaraan membawa penumpang dan barang yang melebihi kapasitas, terutama kendaraan roda dua. Jika kelebihan kapasitas, keseimbangan kendaraan pun akan terganggu dan menjadi oleng. Untuk mobil pun sama, karena setiap kendaraan memiliki kapasitas maksimum masing-masing. Apabila berlebih dapat menyebabkan kerusakan bahkan kecelakaan. Sesuaikan penumpang dengan jumlah kursi jika menggunakan mobil. Jika menggunakan motor, jangan lebih dari dua orang dan hindari membawa barang bawaan yang banyak.

Membawa Uang Lebih

Tips mudik yang selanjutnya ialah membawa uang lebih. Ketika mudik, terutama jika jaraknya jauh selalu bawa uang lebih di dompet Anda. Sebab, tidak jarang ada keperluan mendesak di tengah perjalanan dan sulit menemukan mesin atm. Maka dari itu, bawalah uang tunai.

Tips Mudik Aman By Hondakotabandung.com

Tertib Lalu Lintas

Pemicu kecelakaan yang terlihat sepele namun mematikan yaitu melanggar aturan lalu lintas. Agar dapat sampai dengan selamat hingga tujuan, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas. Tidak menerobos saat lampu merah, menggunakan jalur yang sesuai, tidak melawan arus, tidak ngebut, dan aturan-aturan lalu lintas lainnya. Dengan demikian, Anda dapat menghindari kecelakaan lalu lintas.

Hindari mengemudi saat mengantuk

Hal yang harus dihindari saat mengemudi ialah mengantuk. Mengemudi dalam keadaan mengantuk sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan. Untuk menghindarinya, Anda dapat mengemudi secara bergantian. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat beristirahat di setiap rest area yang dilewati dalam perjalanan dan menyempatkan untuk tidur sejenak menghilangkan kantuk. Anda juga dapat mengkonsumsi kafein agar dapat terus terjaga dan berkendara dengan aman.

Mengetahui Jam Macet dan Jalan Alternatif

Ketika libur panjang, orang berbondong-bondong pulang kampung memanfaatkan waktu libur bersama keluarga. Dapat dipastikan hal tersebut dapat menyebabkan kemacetan. Untuk menghindarinya, Anda harus mengetahui jam-jam kendaraan padat. Jika kemacetan tidak dapat dihindari, carilah jalan alternative. Meskipun lebih jauh, jalan alternative dapat membantu untuk menghindari antrean kendaraan yang panjang.

Demikian beberapa tips mudik aman dan selamat menggunakan kendaraan pribadi. Selalu utamakan keselamatan dalam berkendara selama perjalanan.



Leave a Reply